5 Manfaat Pisang yang akan kamu dapatkan jika Kamu Mengkonsumsinya minimal 1 setiap Hari

5 Manfaat Pisang yang akan kamu dapatkan jika Kamu Mengkonsumsinya minimal 1 setiap Hari



Pisang merupakan buah yang tergolong mudah didapatkan hampir diseluruh tempat di Indonesia. 
Buah yang terkenal memiliki banyak jenis ini ternyata memiliki banyak manfaat yang mungkin belum kita ketahui, di Artikel ini akan dibahas beberapa manfaat buah pisang jika kita mengkonsumsinya minimal satu buah setiap hari yang bersumber dari web www.hipwee.com .  

1. Pisang terbukti menormalkan fungsi jantung jika dikonsumsi rutin setiap hari

Murah tapi gak murahan, buah pisang justru punya manfaat baik bagi harta kamu yang paling berharga: kesehatan. Sarapan dengan sebiji pisang setiap hari akan memberi nutrisi bagi tubuh untuk mendapatkan fungsi jantung yang normal. Seperti yang sering kamu dengar, pisang mengandung mineral yang tinggi bernama potasium. Ketika sudah berada di dalam tubuh kamu, potasium langsung diserap oleh dinding usus sehingga bisa segera masuk ke pembuluh darah. Potasium lalu larut dan tersebar ke seluruh sel-sel di dalam tubuh.

Potasium punya peran penting dalam menjaga detak jantungmu, selama ratusan ribu kali per hari potasium menjadi ‘pemicu’ otot-otot di jantung. Ketika kadar potasium dalam darahmu menurun parah, detak jantung jadi gak beraturan dan bisa menyebabkan kematian. Kamu membutuhkan 4,700 mg potasium setiap harinnya dan sebiji pisang berukuran sedang-besar memberikan kamu 360 mg potasium. Yuk, rajin-rajin makan pisang biar jantungnya sehat.

2. Sama seperti wortel, pisang juga baik buat kesehatan matamu

Kalau kamu malas mengonsumsi pisang maupun tomat karena rasanya, kamu gak perlu khawatir kekurangan vitamin A karena dibalik rasa yang manis, pisang juga punya kandungan vitamin A yang bagus buat mata kamu. Jika kamu belum tahu, asupan vitamin A yang cukup bakal mengurangi resiko kebutaan dan baik bagi penglihatan sehari-hari.

Vitamin A di dalam buah pisang mengandung alpha-carotene dan beta-carotene, yakni zat-zat yang bertanggungjawab menjaga membran halus yang melapisi bola mata kamu. Zat ini juga salah satu dari sekian banyak protein yang memungkinkan cahaya masuk ke kornea mata. Dan kita semua tahu bagaimana pentingnya peran mata bagi kehidupan manusia. Jika kamu masih berpikir pisang itu cuma buat monyet, coba pikir-pikir lagi.

3. Serat tinggi di dalam pisang bakal memberi kamu sistem pencernaan yang sehat

Lagi mengalami sulit BAB? Serat yang tinggi di dalam pisang dapat membantu menormalkan sistem pencernaan kamu. Pisang berukuran sedang mengandung 2,5 gr serat alami yang sangat mudah larut dalam tubuh. Serat ini akan meluncur ke dalam sistem pencernaan kamu, menyapu sisa pencernaan dan membantu usus mendorongnya keluar.

Selain membantu kamu poop lebih lancar, pisang sebenarnya juga bisa bertindak sebagai prebiotik. Seperti minuman prebiotik yang kamu kenal, pisang menstimulasi pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Pisang juga memproduksi enzim pencernaan yang membantu tubuh kamu menyerap nutrisi dari makan lebih sempurna.

4. Bahkan kulit pisang masih bisa memberi faedah bagi kebutuhanmu

Sehabis menyantap pisang, jangan langsung buat kulitnya. Karena selain bisa bikin orang terpeleset (ala kartun) kulit pisang masih punya manfaat berarti bagi kamu. Gunakan bagian dalam dari kulit pisang untuk diusapkan pada sepatu/tas berbahan kulit hingga bersih, lalu singkirkan sisanya dengan kain kering dan tas/sepatu kamu kinclong lagi seperti baru.

Berhubung musim hujan selalu mengundang nyamuk, makan pisang untuk beberapa bulan ke depan bukanlah ide yang buruk. Bagian dalam kulit pisang bisa mengurangi rasa perih dan gatal akibat gigitan nyamuk dan serangga pada umumnya. Selain itu, kulit pisang yang direkatkan (dengan plaster) pada kutil bisa membunuh virus HPV yang menyebabkan kulit kamu kutilan. Ulangi terapi kutil ini tiap malam sebelum tidur selama 2 minggu untuk melihat hasilnya.

5. Yang berniat nurunin berat badan, kamu bisa coba ikutan banana diet!

Godaan terberat saat diet adalah sugar craving atau hasrat untuk ngemil yang manis-manis di antara jam makan. Pisang adalah jawaban yang tepat bagi pencarianmu untuk makan manisan sebelum makan siang atau sore-sore. Pisang cuma mengandung 90 kalori (seperempat sebatang cokelat) namun memiliki serat yang bisa kamu merasa kenyang. Lahap sebiji pisang 15 menit sebelum makan siang/makan malam, sehingga kamu gak berhasrat buat menghabiskan semua menu di atasa meja.

Atau kamu bisa mencoba Asa-Banana Diet yang menganjurkan kamu untuk cuma sarapan sebiji pisang tiap pagi. Jika kamu masih merasa lapar coba tahan 15-30 menit sebelum melahap sebiji pisang lagi. Lalu untuk makan siang dan makan malamnya gimana? Tenang, kamu bisa makan seperti biasa namun dianjurkan hanya makan nasi waktu lunch dan segera berhaenti makan saat kamu merasa 80% kenyang. Dan jangan tanya cemilan sorenya apa, karena kamu sudah tahu jawabanya: pisang.


Itulah beberapa manfaat dari buah pisang, minimal setiap hari kita konsumsi 1-2 buah sudah cukup. 
tunggu apa lagi ?