Custom Rom Pilihan Untuk Android 5.0 Lollipop


Custom ROM merupakan sebuah firmware alternatif pengganti firmware bawaan ponsel Android yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga.
Karena Android merupakan sebuah sistem operasi open source, maka semua orang dapat mengotak-atik source code yang ada di dalamnya sehingga mereka yang mengerti, mampu menciptakan sistem operasi mobile sendiri berdasarkan platform Android. Untuk dapat memasang sebuah custom ROM ke dalam perangkat Android.
Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua custom ROM mendukung smartphone yang Oprekers miliki. Dalam website resmi sebuah custom ROM biasanya terdapat sebuah daftar yang berisi perangkat smartphone atau tablet yang kompatibel.
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah: Jangan pernah memasang custom ROM pada perangkat yang tidak kompatibel, karena hal ini dapat mengakibatkan matinya perangkat Oprekers sampai tidak bisa digunakan lagi.
Kali ini kami akan memilihkan lima custom ROM terbaik yang bisa Oprekers coba dan gunakan. Salah satu penilaian utama kami dalam merangkum daftar ini adalah stabilitas custom ROM agar bisa di Oprekerslkan dan gunakan sehari-hari tanpa menemui suatu masalah. Faktor lainnya adalah pilihan fitur serta keunggulan custom ROM tersebut dari custom ROM lainnya yang ada di pasaran.
1.Cyanogenmod
CaynogenMod-12-based-on-Android-Lollipop
Versi Terbaru : CyanogenMod 12
Tersedia Untuk : Sony Xperia Z2, Nexus 6, Samsung Galaxy S4 mini, Sony Xperia Z Ultra, HTC One, LG G2 (Sprint), Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy Note II dan Note 3 (daftar lengkap Cek Situs Website Resmi)
CyanogenMod merupakan Android ROM yang populer serta telah banyak diinstall sebagian besar Android diseluruh dunia. Hal ini dikarenakan ROM yang cocok dengan banyak perangkat Android dibandingkan dengan ROM lainnya. Custom ROM dari CyanogenMod ini terbagi menjadi 5 versi yaitu CyanogenMod 7, CyanogenMod 10, CyanogenMod 10.1 yang berdasarkan pada Android 2.3, Android 4.1, dan juga Android 4.2 ,cyuanogen mod 11 untuk Android 4.4 dan Cyanogen Mod 12 untuk android 5.0
Karena banyak perangkat yang belum support Android 5.0 maka pilihan terbaik adalah menggunakan CyanogenMod 12. Di dalam CyanogenMod Oprekers bisa dengan mudah mengakses ribuan theme, perfect sound processing, notification drop down, dan beberapa fitur lain yang tidak bisa Oprekers temukan di stock ROM Android.
Di dalam website mereka, CyanogenMod memberikan daftar smartphone yang kompatibel dan panduan memasang custom ROM ini dalam cara yang mudah. Ciri khas custom ROM ini adalah tampilan yang mendekati Android asli namun tanpa aplikasi bawaan yang memberatkan.
Memang, CyanogenMod menyertakan beberapa fitur baru dan aplikasi-aplikasi tambahan. Namun semua itu tidak terlalu memberatkan sistem, seperti yang terdapat pada firmware bawaan smartphone Android dari Samsung.
Melihat kenyataan ini, banyak pengguna yang menggunakan CyanogenMod karena ingin menghapus berbagai aplikasi “sampah” yang ada di dalam smartphone mereka. Berkat hal ini pula, CyanogenMod dipercaya untuk membuat sebuah sistem operasi alternatif bagi produsen smartphone OnePlus.



  1. MIUI
xiaomi-miui-6-3-600x337
Versi Terbaru : MIUI 6
Tersedia Untuk : Xiaomi Redmi Note,Mi4, (Daftar lengkap Cek Situs Website Resmi)
MIUI sebenarnya lebih berfokus pada interface yang elegan serta fitur yang dapat dimodifikasi. Hal ini membuat proses yang berjalan di Android Oprekers lebih cepat lagi. Pada dasarnya, MIUI merupakan mod untuk Android yang dibuat di China, tetapi setelah mod tersebut dikembangkan dengan bahasa dan juga di negara lain oleh pengguna MUI, mulailah banyak yang menggunakan MIUI sebagai custom ROM mereka. Fitur yang terdapat di MIUI sepert support Google Apps, akses full rooting, lock screen yang dapat dimodifikasi, dan juga support banyak theme.

  1. SlimRoms
slimroms
Versi Terbaru : Slim Rom Lollipop
Tersedia Untuk : Galaxy Nexus,Nexus 4,Nexus 5 (daftar lengkap Cek Situs Website Resmi)
Berbeda dengan MIUI yang memerlukan kapasitas RAM cukup tinggi, SlimRoms berusaha memberi Oprekers sebuah custom ROM ringan yang memakan RAM sekecil mungkin.
Hal tersebut bisa dicapai berkat ‘perampingan’ sistem operasi Android dengan menghapus beberapa fitur yang membuat berat sebuah sistem, tanpa harus mengorbankan kestabilan sistem operasi tersebut. Jika Oprekers belum puas dengan perampingan yang dilakukan oleh tim SlimRoms, Oprekers dapat menghapus sendiri fitur-fitur yang tidak Oprekers suka atau gunakan melalui fitur SlimCenter yang terdapat di dalam menu pengaturan SlimRoms. Hal-hal yang telah disebutkan tersebut membuat SlimRoms menjadi custom ROM pilihan utama bagi para pemilik perangkat lama yang spesifikasinya sudah agak ‘kuno’.
  1. Paranoid Android
paranoid android lollipop
Tersedia Untuk : OnePlus One, HTC One M8, HTC One M7, Nexus 5, dan LG G3. (daftar lengkap Cek Situs Website Resmi)
Versi Android Lollipop : Paranoid 5.0 Lollipop
Paranoid Android merupakan custom ROM Android yang cukup bagus dimana meningkatkan penggunakan dari perangkat itu sendiri.
Yang menjadi fitur unggulan dari custom ROM ini adalah hybrid mode, dengan opsi tersebut maka Oprekers dapat merubah Android Oprekers menjadi mode tablet, phablet, atau smartphone. Selain itu dengan menggunakan Paranoid Android, Oprekers bisa menjalankan aplikasi apapun baik yang khusus untuk tablet maupun khusus untuk smartphone. Paranoid membuat performa Android Oprekers lebih cepat tetapi tentunya Oprekers akan menghadapi beberapa bug, seperti system crash atau firmware yang tidak stabil.
  1. AOKP
AOKP-1280x440
Website : http://aokp.co/
Versi Android Lollipop : Aokp Rom Lollipop
Tersedia Untuk : OnePlus One, HTC One M8, Nexus 7 (2013), Samsung Galaxy Note 8.0, Xiaomi Mi 3 (daftar lengkap Cek Situs Website Resmi)
AOKP merupakan singkatan dari Android Open Kang Project yang memberi Oprekers sebuah custom ROM dengan fitur melimpah. Custom ROM dengan logo unicorn ini mempunyai nama yang merupakan sebuah plesetan dari singkatan AOSP yang artinya Android Open Source Project. Awalnya, nama tersebut hanyalah sebuah lelucon.
Namun, ketika semakin banyak orang menyukai nama AOKP, tim pengembang memutuskan untuk menggunakan nama ini. AOKP sendiri dipenuhi dengan beberapa fitur stOprekersr dan kosmetik. Namun salah satu fitur yang kami suka adalah kemampuan tape to wake dimana ketika Oprekers sedang menyimpan smartphone di atas meja, Oprekers hanya perlu mengetuk layar smartphone untuk membangunkannya dari mode sleep.
Selain itu, AOKP menyediakan berbagai fitur-fitur pengaturan kecil yang mungkin memerlukan ketelitian Oprekers ketika mencari di dalam sistem operasi ini. Jika Oprekers ingin pengalaman menggunakan perangkat Android yang berbeda, maka penggunaan custom ROM merupakan salah satu jalan bagi Oprekers.
Selain nama-nama di atas, masih banyak custom ROM lain yang bisa Oprekers coba. Contohnya, PAC ROM yang menyatukan fungsi Paranoid Android, AOKP, dan CyanogenMod dalam satu ROM, atauResurrection Remix yang memberi tampilan menarik tanpa mengorbankan performa.
Daftar Alternatif  Custom Rom Android 5.0 Lollipop  lain yang bisa operekers coba :
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Custom Rom Pilihan Untuk Android 5.0 Lollipop"