Selamat ulang tahun blogku yang ke 5

Selamat ulang tahun blogku yang ke 5


Hari ini, 1 Mei 2015 selain adalah hari buruh, hari ini adalah tahun ke 5 blogku (www.agustyar.com) sejak pertama kali dibuat , yaitu Mei tahun 2010. Banyak sekali perubahan dari tahun ke tahun blog ini hingga menjadi sepereti ini. Dari dulu blog ini memiliki format yang acak dan amburadul dan beberapa kali tidak terurus hingga fakum bertahun-tahun dan akhirnya kembali lagi dengan konten yang juga belum terfokus pada satu topik bahasan.

Sejarah.
Awal mula dibuatnya blog ini yaitu sekitar bulan Mei 2010. waktu itu saya masih kelas 8 SMP. Sehabis pulang sekolah mampir dulu kewarnet, lalu tidak sengaja menemukan artikel cara membuat blog. awalnya saya berfikir bahwa membuat blog itu membayar, ternyata tidak sama sekali. Banyak sekali hal yang saya belum tahu tentang seluk beluk blog, dengan belajar pada tutorial saya mulai mengerti sedikit demi sedikit. saat itu saya membuat blog hanya ingin membuat sesuatu yang kebanyakan orang belum punya dan didalam blog saya juga tidak ada posting, hanya widget-widget yang membuat blog menjadi sangat berat.

Awal januari 2011 , saya mulai menulis sesuatu diblog. ya meski hanya copas dari log lain dan sesekali saya menulis sesuatu yang tidak jelas, akan tetapi menjadi sebuah kepuasaan sendiri saat itu memiliki pengunjung meski cuma 30an perhari. hingga pada tahun 2012 saya sama sekali tidak menulis apapun diblog , mungkin karena lupa dan mempunyai kesenangan lain seperti halnya murid SMA lainnya. Saat itu saya lebih suka mendownload game atau film ketimbang ngisi posting blog karena mungkin malas. 

Pada tahun 2013, saya mulai menulis lagi diblog. ya, saat itu saya pernah membaca artikel tentang blog yang bisa dibuat sebagai ladang penghasilan. saat itu juga saya mengelola blog lebih dari satu, yaitu di www.tyar23.mywapblog.com . Saya lebih aktif diblog mobile tersebut karena disitu lebih rame dan visitor juga banyak. Samapai pada suatu hari saya mendapat domain gratis dari teman dan membuat saya semakin jauh dengan blog ini.

Awal tahun 2014, saya menjadi sangat sibuk untuk persiapan ujian nasional dan masuk perguruan tinggi. pengunjung blogpun terlihat sangat tajam penurunannya. hingga akhirnya UN berlalu, banyak sekali waktu senggang yang saya punya. mulai aktif ngebolg lagi dan sambil belajar tentang apa itu google adsense. akhir tahun 2014, saya mulai mendaftar adsense lewat youtube. entah apa yang mendasarinya saya hanya coba-coba. Kesibukan sebagai mahasiswa kembali membuat saya kurang bisa memanage waktu dan blog kembali terlantar hingga pada saat akhir 2014, saya mendapat surat dari google adsense yang berisi tentang diterimanya saya sebagai mitra publisher dan bisa mendapat pendapatan. cerita surat dari google adsense bisa di baca DISINI. awal tahun 2015 saya memutuskan untuk merestorasi blog ini beserta isi-isinya. Saya juga membeli domain TLD disebuah jasa penyedia domain dan hosting indonesia. awal februari 2015, blog saya resmi menjadi publisher google adsense setelah saya mengupgrade status dari hosted ke non hosted. 



Hingga saat ini, saya masih berkomitmen untuk terus menulis di blog ini. ya meski dengan pendapatan seperti buruh yang tak kunjung cair, saya tidak peduli akan hal itu. kesenangan tersendiri bagi saya jika bisa berbagi dengan orang lain lewat media ini. mungkin itu sedikit cerita dari saya tentang sejarah blog ini. harapannya blog ini tidak mengalami masa hiatus lagi karena akhir april lalu adalah puncak tertinggi visitor blog ini dan menjadi sebuah angin segar karena penghasilan juga ikut naik (meski belum cair). 

ucapan terimakasih buat yang telah membaca post ini hingga akhir, atau bahkan orang yang tidak sengaja membaca posting ini atau sekedar tidak sengaja masuk. akhir kata, semangat berkarya.

"lakukan sesuatu, apapun itu. jika bermanfaat untuk orang lain maka lanjutkanlah. jika tidak lebih baik tinggalkan".

Agustiar pada tanggal 1 Mei 2015 dikamar kontrakan yang penuh dengan kertas laporan dan tugas kuliah. 


Load comments