7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, dan Sunah Rasulullah Ketika Minum Susu




1. Mencegah Osteoporosis
Minum susu di malam hari atau pada saat sebelum tidur memberikan manfaat untuk memudahkan tubuh untuk melakukan penyerapan kalsium, sehingga pertumbuhan kita akan berjalan optimal dan dapat memperkuat tulang agar tidak cepat mengalami keropos tulang atau osteoporosis.
2. Mencegah Kanker Usus
Kalsium pada susu sudah terbukti bisa menghambat perkembangan adenoma atau semacam tumor ganas yang biasa menimpa usus besar (kolon) sehingga dapat mencegah terjadinya kanker usus.
3.Mengganti Cairan yang Hilang
Jagalah tubuh Anda dari dehidrasi dengan minum beberapa gelas susu setiap hari. Seperti halnya manfaat air putih pada tubuh Anda, susu juga berperan menggantikan cairan tubuh yang hilang sekaligus menyuplai vitamin dan mineral pada tubuh ketika Anda melakukan aktivitas tinggi.
4.Mengurangi Efek PMS (Pre Menstrual Syndrome)
Berdasarkan penelitian Dr. Jacobs, pakar kelenjar endokrin dari St. Luke’s-Rosevelt Hospital Center, pemberian kalsium dalam jumlah 1000-1200 mg kepada 500 wanita secara acak, dapat mengurangi efek PMS hingga 48%. Hal ini menunjukan bahwa mengonsumsi sumber kalsium, seperti susu, berguna untuk meringankan gejala PMS.
5.Membuat Tidur lebih nyenyak
Di dalam susu terdapat kandungan zat yang bernama triptofan, yaitu zat yang mampu berubah menjadi hormon melatonin yang dapat membuat tidur menjadi nyenyak di malam hari. Sehingga bagi yang sering mengalami susah tidur di malam hari atau insomnia maka minum susu adalah alternatif untuk mengatasi itu.
6.Penunda rasa lapar
Pernahkan menyadari saat kita tidur maupun sebelum tidur perut merasa lapar dan membuat tubuh lemas saat baru bangun tidur. Pada saat bangun tidur tubuh akan menjadi lemas karena pada saat kita tidur tubuh mengalami proses pembakaran lemak menjadi energy dan jika tidak kita ada yang dikonsumsi sebelum tidur maka tubuh akan kehilangan sumber energy akibat tidak adanya proses pembakaran lemak di tubuh dan ini membuat tubuh menjadi lemas saat bangun tidur. Namun untuk mengatasi hal itu bagi yang sedang mengalami diet , Minum susu adalah alternative yang dapat anda lakukan sebelum tidur.
7.Memperlancar saluran pencernaan
Apakah Sahabat Ummi pernah merasa kalau kita minum susu jadi gampang untuk buang air besar? Iya, minum susu dapat membantu untuk mempelancar saluran pencernaan kita, sehingga bagi yang mengalami susah buang air besar (BAB) maka selain mengkonsumsi pepaya, minum susu sebelum tidur juga bisa menjadi alternative untuk memperlancar buang air besar di pagi hari.
Sunah Rasulullah Jika Minum Susu
Syaikh Abu Abdillah Al-Maqdisi menyebutkan bahwasannya disunnahkan berkumur sesudah minum susu. Ini dinyatakan di dalam kitab Ar-Ri’ayah. Karena Nabi pernah berkumur dengan air sesudah minum susu. Beliau pernah bersabda, “Susu itu mengandung lemak.” Dan beliau pernah meminum susu yang dicampur dengan air. Keterangan ini tercantum di dalam kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim.
Syaikh Al-Maqdisi juga mengungkapkan bahwa kalangan dokter klasik merekomendasikan sesudah minum susu sebaiknya berkumur dengan madu untuk melindungi gusi dari kerusakan. Dan sangat beralasan bila dianjurkan berkumur sesudah mengkonsumsi sesuatu yang berlemak, karena Nabi menjadikan lemak itu sebagai alasan berkumur.
Kajian lebih mendalam diungkapkan oleh Dr. Iftachul’ain Hambali, Sp., THT, mengenai manfaat berkumur setelah minum susu dalam bukunya Islamic Pineal Therapy.
Dr. Iftachul’ain menyatakan bahwa di dalam susu terdapat kandungan zat kapur (Ca) yang cukup tinggi. Timbunan zat ini dapat menyebabkan pembentukan karang gigi yang dapat mengakibatkan gusi mudah berdarah dan terjadi infeksi. Selain itu, susu juga mengandung protein yang dapat menjadi media yang baik untuk pertumbuhan bakteri bila tertimbun di rongga mulut atau celah gigi.
Oleh karenanya Dr. Iftachul’ain menganjurkan setelah minum susu, agar membersihkan mulut atau berkumur.

Source : 
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, dan Sunah Rasulullah Ketika Minum Susu"