Rata-rata IQ Wilayah ASEAN... Indonesia peringkat berapa ?

Rata-rata IQ Wilayah ASEAN... Indonesia peringkat berapa ?

timthumb



Kecerdasan seseorang tentunya memiliki tolok ukur yang berbeda antara satu dengan lainnya. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengetahuinya adalah dari besaran angka Intelligence Quotient (IQ).
IQ adalah ukuran kemampuan intelektual, analisis, logika, dan rasio seseorang. IQ merupakan kecerdasan otak untuk menerima, menyimpan, dan mengolah informasi menjadi fakta. Ada beberapa klasifikasi umum tentang IQ seperti yang diutarakan oleh Stanford-Binet, Lewis Terman, dan Wechsler sebagaimana berikut ini:

0 – 79 = Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental
80 – 90 = Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (dull normal)
91 – 110 = Tingkat IQ normal atau rata-rata
111 – 120 = Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (bright normal)
120 – 130 = Tingkat IQ superior
131 atau lebih Tingkat IQ sangat superior atau jenius.
Sekelompok manusia pun ternyata ada yang memiliki IQ kategori superior atau bahkan lebih dari 131! Mereka adalah Albert Eistein, Steve Jobs, dan Bill Gates, dimana semuanya memiliki IQ 160. Selain itu ada juga Adolf Hitler yang memiliki IQ 141 dan Barack Obama dengan IQ 130-nya.
Lalu bagaimana dengan rata-rata IQ di Indonesia dan Asia? Seperti dilansir dari ASEAN DNA dan rlynn.co.uk,rata-rata IQ seseorang di wilayah ASEAN adalah 91,3 atau masih dalam kategori normal dan berada di atas rata-rata IQ secara global (seluruh dunia) yakni 84,3. Jumlah tersebut diambil dari rata-rata IQ tertinggi dari 10 negara di Asia Tenggara. Adapun perinciannya antara lain sebagai berikut (urut dari tinggi ke rendah) :
1. Singapura (103)
2. Vietnam (96)
3. Malaysia dan Brunei Darussalam (92)
4. Thailand (91)
5. Kamboja, Indonesia, dan Laos (89)
6. Myanmar dan Filipina (86)
Dari penjabaran tersebut, Singapura ternyata memiliki rata-rata IQ yang paling tinggi daripada sembilan negera ASEAN lainnya yakni sebesar 103. Orang Indonesia memiliki rata-rata IQ yang termasuk kategori rendah, namun tetap masih dalam kategori normal.
Namun demikian, Singapura masih kalah jika dibandingkan dengan dua negara Asia lainnya yakni Korea Selatan dengan rata-rata IQ 106 dan Jepang dengan rata-rata IQ 110.
sumber :
http://careernews.web.id/youknow/view/2919-cek-di-sini-biar-kamu-tahu-rata-rata-iq-di-wilayah-asean
Load comments