10 Trik Ms. Word yang Membuat Pekerjaanmu Menjadi Lebih Mudah


Sebagai seorang mahasiswa tentu gue sangat faham bagaimana capeknya ngerjain tugas, baik tugas dari dosen maupun laporan praktikum yang nggak mungkin kelar sampai toga terpakai nanti. Bangun tidur nugas, habis makan nugas, pulang main nugas, habis boker nugas (cebok dulu ding). Tugas udah jadi nafas kita sehari-hari. Kebanyakan tugas yang diberikan harus kita kerjakan dengan tulis tangan atau diketik. Kalau gue sih lebih seneng tugas yang ketik . Selain bisa lebih enak editingnya, tulisan juga standar bisa dibaca lah, maklum tulisan gue sama anak SD juga kayaknya sebelas duabelas.

Kali ini gue mau berbagi trik yang dalam hal ini semacam shortcut atau langkah cepat buat melakukan beberapa perintah di Ms. Word yang tentunya ini bisa sangat membantu kita ngerjain tugas-tugas. Apa saja shortcutnya ? yuk simak

1. Ngeblok paragraph cukup klik 3 kali

Kebanyakan dari kita kalau mau ngeblok paragraph caranya drag/ Tarik mouse dari awal kalimat sampai akhir kalimat . Kalau paragrafnya pendek sih gak masalah, nah kalau paragrafnya banyak banget ? salah Tarik dikit kita kudu ngulang dari atas. Ternyata ada cara yang lebih mudah yakni cukup klik  3 kali di paragraf yang mau kita blok, Silahkan praktekan sendiri.


2. Ngeblok kalimat cukup tekan Ctrl + kalimatnya

Nggak beda jauh sama paragraf, biar menghemat waktu kita bisa ngeblok satu kalimat cukup dengan tekan Ctrl + kalimat yang mau kita blok. Mudah kan ? cobain deh…


3. Gedein font cukup dengan Ctrl + Shift + > dan kecilin font dengan Ctrl + Shift + <

Membesarkan dan mengecilkan ukuran font itu pasti selalu dilakukan disetiap pekerjaan ms. Word. Nah, buat ngehemat waktu kalian biar nggak perlu nggerakin mouse kalian cukup tekan Ctrl + Shift + > buat gedein ukuran font dan Ctrl + Shift + < buat ngecilin ukuran font, hal itu gak akan berhasil kalau kalian belum ngeblok tulisan yang mau digedein/dikecilin (ya iyalah….)


4. Subscript dan superscript lebih praktis dengan Ctrl+ dan Ctrl+Shift+ plus (+)

Ada keadaaan dimana kalian harus membuat tulisan Subscript (tulisan kecil dibawah yang biasanya buat penomeran unsur kimia) atau superscript (tulisan kecil diatas, seringnya sih buat nulis pangkat). Selain bisa dengan cara pake tool yang ada di menu home, kita juga bisa pake cara cepat yaitu dengan Ctrl+ untuk subscript dan Ctrl+Shift+ plus (+) untuk superscript. Kalau kalian masih bingung bisa langsung dipraktekin aja deh, jangan lupa tulisannya diblok dulu (wkwkwk kek ngajarin anak sd dah).


5. Menuju kebagian terakhir yang baru kamu edit dengan Shift+F5

Istirahat dikala mengerjakan tugas di ms.word terkadang membuat kita lupa sampai bagian mana kita ngedit. Sering sekali gue kalau lagi jenuh ngetik trus iseng yucuban dulu eh pas buka file yang tadi lupa sampai bagian mana terakhir gue edit. Dengan Shift + F5 semua masalah itu biasa diatasi. Gak perlu nyari-nyari bagian mana sambil nginget-nginget, cara ini terbukti efektif.


6. Copy paste tulisan dari internet dan hasilnya berantakan? Coba pake Ctrl+Space Bar

Ini juga sering terjadi saat kita copas sebuah tulisan diinternet trus pas di paste hasilnya berantakan kyk fontnya yang amburadul atau ada blok warna hitamnya. Nggak usah kesel, sekarang cukup pake Ctrl + Space Bar kelar dah masalah itu. Caranya tinggal copy tulisannya trus pada ms.word tinggal tekan Ctrl + Space Bar secara bersamaan.


7. Butuh kalkulator saat lagi ngerjain di ms.word ? ternyata ada fitur kalkulator lho di ms.word
 winpoin.com

Ngerjain tugas yang membutuhkan operasi matematika tapi malas buka ms.excel atau buka aplikasi kalkulator di hp, tenang di ms.word ada kalkulatornya juga lho. Kita tinggal mengaktifkan fiturnya, gini caranya :



Klik Word Option –> Quick Access Toolbar / Customize –> Ganti Command menjadi All Command –> Calculate –> Add –> OK

Hasil dari operasi perhitungannya langsung tampil di bagian kiri bawah.

8. Mengubah kalimat/paragraf biar Capslock semua atau sebaliknya ? 
www.slideshare.net

Lagi asyik nulis dan udah dapat banyak tulisan eh lupa kalau tombol caplocks nya masih nyala, ini sering banget terjadi dan buat orang awam pasti dihapus trus tulis ulang. Buang-buang waktu kan? Nih cara lebih praktis biar ngubah tulisan dari huruf kapital ke huruf kecil atau sebaliknya cukup dengan blok tulisan yang mau diubah lalu tekan Shift+F3. Sesederhana itu…


9. Mau bikin halaman baru ? nggak susah pencet enter berulangkali

www.tutorialspoint.com

Membuat halaman baru biasanya kita lakukan dengan cara enter berulang-ulang sampai ke halaman baru. Cara ini sebenarnya benar-benar nggak efektif, selain memakan waktu juga bikin tulisan jadi berantakan kalau diedit. Cara bikin halaman baru sebenarnya sangat mudah, tinggal tekan Ctrl + Enter secara bersamaan saja.


10. Mengcopy format teks tanpa ikut tulisannya
steffisteaching.wordpress.com

Pernahkah kamu ingin membuat tulisan yang ukuran, font, spasi dsb sama persis dengan tulisan lain tanpa menyertakan tulisan yang dicopy ? jadi intinya kita hanya mengcopy formatnya saja (ukuran, font, spasi dsb). Biasanya kita copy sekalian sama tulisannya trus tulisannya dihapus dan ditulis ulang. Itu spele tapi buang-buang waktu, nah cara biar kita bisa ngopy sebuah format tulisan cukup dengan Ctrl+Shift+C di teks yang mau kita tiru formatnya lalu tekan Ctrl+Shift+V ke tempat yang mau kita tulis dengan format tersebut.


Itulah 10 trik yang kamu bisa lakukan untuk memudahkan mengerjakan tugas di ms.word. Nggak perlu dihafal juga sih, sering-sering aja dipake/ diaplikasikan langsung pasti dengan sendirinya akan terbiasa. Karena sesungguhnya semakin mudah kita bekerja, semakin banyak tenaga dan waktu yang bisa kita efisienkan (ntap).

Nb :
Kalau masih ada yang belum cukup jelas, monggo ditanyakan dikolom komentar, atau jika kalian punya trik yang nggak ada diatas bisa dishare di kolom komentar juga.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "10 Trik Ms. Word yang Membuat Pekerjaanmu Menjadi Lebih Mudah"

keren min artikelnya, sangat bermanfaat sekali...
http://cody.id/produk/multitester/