Cara Melacak HP Android yang Hilang



Semakin berjalannya waktu, HP menjadi benda yang sangat penting. Setiap hari bahkan nggak bisa dihitung kita bercengkrama dengan benda ini. Tapi pernahkah kalian kehilangan benda yang satu ini ? entah itu ketlingsut atau ada tangan-tangan berdosa yang mengambilnya. Tahukah kalian kalau HP android yang hilang bisa kita lacak letaknya ? hmmmm, kali ini gw bahas cara melacak HP Android yang hilang. 

Kenapa Android ? ya mungkin karena OS ini udah jadi OS sejuta umat. Oke deh, langsung saja gw mulai tutorialnya. Tutorial ini sebenarnya termasuk cara preventif atau pencegahan jadi pastikan kalian lakukan ini untuk jaga-jaga dan bukan pas HP udah ilang. 

Sebelumnya, harus ada syarat yang harus dipenuhi untuk melacak si HP :
1. HP kalian terhubung ke Internet, jadi pastikan koneksi internet selalu menyala jika mau bawa HP jalan-jalan keluar rumah.
2. GPS juga dalam keadaan nyala
3. HP kalian terhubung dengan akun google

Tiga syarat itu wajib kalian penuhi. Buat kalian orang yang pelit kuota internet sama baterai bisa mengaktifkan koneksi internet dan GPS saat kalian mau keluar rumah atau pergi jauh. Tentu saja itu tujuannya cuma jaga-jaga. Toh Mencegah  lebih baik daripada mengobati.  

Langkah selanjutnya yaitu mengaktifkan fitur nya agar hp kalian bisa dideteksi, caranya ? cermati ya :
1. Buka menu google setting atau setelan Google pada HP :


2. Kemudian pilih menu keamanan dan tekan/aktifkan/centang " Remotely Locate This Device' dan 'Aallow Remote Lock and factory Reset" atau pada kalau bahasa Indonesia Izinkan mengunci dan menghapus data....." lihat aja gambar dibawah ini :




Tahap pencegahan sampai saat ini selesai. Jika kalian sudah mengaktifkan fitur ini sebelum HP hilang dan dengan catatan 3 syarat diatas terpenuhi maka HP kalian bisa dilacak. Bagaimana cara melacaknya ? yuk langsung saja kita coba, kalian bisa coba sendiri dirumah (simulasi) :

1. Buka situs https://www.google.com/android/devicemanager dari laptop atau PC (sama aja hahah) .
2. Masukkan USER dan PASSWORD Gmail yang kalian pakai di HP yang hilang/mau dilacak tersebut.
3. Selanjutnya akan tampil lokasi dimana HP tersebut berada, kalian bisa menggunakan fitur seperti deringkan agar HP nya bunyi, kunci atau menghapus data.



Gimana ? gampangkan.... 
Asalkan kalian telah mengaktifkan fitur pelacakan dan syarat diatas terpenuhi insyaallah aman kok. Lebih baik kuota terbuang tapi HP aman daripada menyesal nantinya

Segitu aja tutorialnya. Beda merk HP mungkin ada sedikit perbedaan pada menunya, tapi pada prinsipnya sama kok.  Kalau ada yang mau tanya monggo coret-coret kolom komentar. 
Semoga bisa bermanfaat.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Melacak HP Android yang Hilang"