Perjalanan ke Ruang Sidang Skripsi - Agustyar

Sabtu, 02 Februari 2019

Perjalanan ke Ruang Sidang Skripsi

Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya saya melaksanakan sidang skripsi. Flashback dulu, saya memulai penelitian skripsi sejak pulang kkn (sekitar agustus 2017). Saat itu saya berada di semester 7. Smt 7 saya habiskan untuk mengerjakan proposal usulan penelitian, seminar 1sks dan memulai penelitian. FYI, penelitian saya seputar optimasi bakteri untuk memproduksi enzim yang mana enzim tersebut dapat digunakan untuk menghidrolisis cangkang udang menjadi senyawa turunannya yaitu N-asetilglukosamin. Senyawa N-asetilglukosamin sendiri telah banyak diaplikasikan ke berbagai bidang seperti pangan (susu UHT), farmasi : obat kontrol gula darah, non-pangan : kosmetik. lebih lanjut silahkan googling saja hehe.

So, saya memulai penelitian dengan mengumpulkan cangkang udang bersama rekan satu tim penelitian (dhanan, dodo dan faiz) hingga ke pati. Kita dapat cangkang udang sampai 80kg-an (cangkang basah). Masalah saat itu adalah membawa cangkang basah itu ke kampus menggunakan mobil sewaan, karena sudah dipastikan sampai jogja pasti malam dan mobil pasti menjadi bau busuk.

 Nih foto saat mindahin cangkangnya ke styrofoam untuk dibawa kekampus (dari pati) :

ready nih buat dibawa :

Sampai jogja, kita masih punya tugas berat untuk mengeringkan semua cangkang yang dibawa. sebelum dikeringkan tentu cangkang-cangkang ini dibersihkan terlebih dahulu, nih nyuci di deket sungai di imb :

Cangkang udangnya kita jemur di belakang gedung perikanan, diatap sebuah ruangan instalasi pengolahan limbah cair  :


parahnya, bau dari cangkang udangnya tercium hingga ke jalanan dan diprotes oleh banyak orang hingga dosen, akhirnya kita atasi dengan menjemur ketika hari libur dimana sedikit yang bersliweran dijalan. namun itu juga masih mengundang protes beberapa pejalan kaki. untuk para pejalan kaki yang sempat merasakan bau udang saat akhir agustus 2017, saya meminta maaf. Pada akhirnya cangkang bisa dikeringkan dengan melalui berbagai ide untuk menghindari protes pejalan kaki. caranya yaitu dengan menjemur si cangkang basah dari sore hingga pagi. dan ini cukup efektif. Masalah cangkang bau sudah selesai. 

Setelah itu cangkang yang kering kami buat menjadi kitin. Cara buatnya ? googling aja lah ya. 
ya, kita ngelab hampir setiap hari.  semua pekerjaan dilakukan bareng-bareng, jadi capek juga bareng. ini beberapa dokumentasi ngelab :
fokus ke tab yang ditaruh diatas kompor elektrik, emang si dodo richman ini suka bakar2 barang.

dodo bergelut dengan larutan asam keras di lemari asam. adegan ini sangat berbahaya karena selain menentukan gelar S.Pi. juga menentukan gelar masa depan ... salah-salah dikit enggak jadi S.Pi malah jadi Alm. toksik sekali bro. so perlu kehati-hatian 

Selesai persiapan penelitian selama semester 7, kita memulai fokus pada tema penelitian masing-masing. Saya sendiri mulai running penelitian sejak januari 2018 dan selesai juni 2018. Cukup lama, karena ditengah banyak masalah yang dihadapi seperti bakteri kontam, alat dipakai bergilir, bateri ngambek gak mau produksi enzim, dll. ya cukup membuat saya khatam bagaimana melakukan pengujuian aktivitaas enzim karena total saya melakukan running sebanyak 6 kali ulangan (data dipakai hanya 3 ulangan). 

FYI : sekali running dilakukan selama 1 minggu full. seiap hari, dari pagi sampai sore.

rasa lelah, males dan putus asa berulangkali muncul ditengah-tengah penelitian. namun selalu saja ada jalan untuk mendapat semangat mengerjakan penelitian. After berbagai ulangan eksperiment dan konsultasi data hasil penelitian, akhirnya data saya di ACC. yey senanganya saya waktu itu.

Fase selanjutnya adalah menulis skripsi, menurt saya ini bagian yang cukup sulit. kenapa begitu ? karena perlu effort yang cukup besar untuk menyelesaikan karya tulis ilmiah ini. Saya sendiri sudah mencicil skripsi dari bab 1, 2 dan 3 sejak awal semester 8, jadi tinggal menambahkan bagian yang masih kurang. Bagi kalian yang ingin tahu gimana cara mengerjakan skripsi supaya bisa segera selesai, saya bagikan tipsnya disini : "Tips Mengerjakan Tugas Akhir Skripsi agar Cepat Selesai".
Singkat cerita skripsi saya di ACC tanggal 18 Agustus 2018, cukup cantik tanggalnya (18-08-18). Hari itu menjadi hari yang paling menyenangkan bagi saya. Segera saya mengurus keperluan ujian skripsi. Mulai dari mencari dosen penguji, membuat surat peminjaman, hingga melengkapi berkasi ujian skripsi. Ujian skripsi saya dilaksanakan tanggal 24 Agustus 2018. Bagi saya seminggu waktu yang harus saya padatkan untuk mempersiapkan ujian skripsi, entah itu cukup atau tidak cukup. Seminggu itu banyak hal yang saya persiapkan, jika berkenan silahkan baca juga  "tips menghadapi ujian skripsi" yang saya lakukan sehingga saat hari H sidang, saya enggak dibantai-dibantai amat (istilah mahasiswa).

1 jam sebelum sidang, nyiapin bahan ujian

PPT sidang skripsi saya, bisa foto soalnya masih sepi. lagi latihan sendiri


Alhamdulillah, 24 Agustus 2018 saya bisa melewati ujian skripsi dengan cukup lancar. Sekitar 1,5 Jam saya melaksanakan ujian skripsi. Begitu leganya hati ini taktakala keluar ruang sidang hehehe. Terimakasih untuk semua pihak yang membantu saya baik secara langsung maupun tidak langsung. Keberhasilan saya menyelesaikan Skripsi adalah hasil dari doa dan bantuan semua pihak yang mungkin terlalu banyak jika saya sebutkan satu persatu hehehe. Post ini saya akhiri dengan foto-foto pasca sidang skripsi saya :

Squad THP14 (urut dari kiri) : Dhea, Sovia, Renata, Syifa, me, Rizqi, Wawan, Dhanan

Masih THP14 : Hani, Mayang, Rani, Syifa, Adi, Danang

Teman-teman KKN Polewali mandar : Bill, Handi, Reni, Charli 

Squad KKN desa Bala : Bill, Ayu, Reni, Charli
FYI saya dikasih ikan mas hidup, minyak goreng, bumbu, saos
(mereka menyuruh agar ikan tersebut saya masak sendiri)

THP14, Telat datang karena mereka habis pembekalan Wisuda.
(Rana, Danang, Ivana).

Wawan, Dodo, me, Dhanan, Rizqi

Sahabat agro KKN Polman, Gilang dan Wita









Tidak ada komentar: