Masa Transisi dari Sekolah ke Kuliah


Selamat malam gan, tadi jalan jalan ke kaskus nemu post yang lumayan menarik. Masa transisi dari sekolah ke kuliah merupakan masa yang sangat kontras . Dimana kebiasaan waktu sekolah dari sekolah dasar hingga SMA yang selama 12 tahun dijalani memberi perbedaan yang lumayan signifikan mulai dari cara belajar, cara bergaul hingga cara berpenampilan. berikut ini merupakan beberapa hal yang akan agan temukan ketika menginjak masa transisi dari SMA ke kuliah. 


1. Seragam



Kuliah gak perlu pakai seragam lagi. Disini kamu bisa memilih pakaian dan gaya yang kamu banget Biasanya pakaian casual atau sedikit sentuhan semi-formal untuk acara-acara khusus di kampus. Yang terpenting pakaian kamu rapi dan sopan. Gak lebay kayak mau mejeng di mall


2. Buku Tulis





Buku tulis? Yang tiap mata pelajaran beda buku tulis, bahkan ada buku khusus untuk PR, latihan, dan catatan?  We have to say goodbye to it! Di kuliah kamu pakai ‘binder’. Dengan hanya membawa satu buku keramat ini saja untuk sumber wadah pelajaran yang kamu dapat di kelas. Lagipula di kampus, jika ada tugas yang akan dikumpulkan, tinggal copot kertas bindernya, jangan lupa diberi nama, kelas dan NIM/NPM, terus kumpulin deh kertasnya. Jadi gak perlu bawa buku berat-berat kaya waktu di sekolah


3. Guru


Kita tidak diajar oleh guru lagi di kuliah. Yang ada itu Dosen atau Rektor. Mengapa demikian? Karena menurut kebanyakan orang sih guru dan dosen itu merupakan 2 makhluk yang berbeda  Dosen sudah menganggap kamu dewasa sehingga tingkat kepedulian mereka kepada muridnya tidak sebanyak guru waktu di sekolah (meskipun masih banyak juga dosen yang sangat peduli terhadap muridnya). Dosen juga biasanya sangat sibuk sehingga terkadang tidak masuk kelas.  Kamu bakal beruntung banget kalo nemuin dosen yang memliki sifat seperti guru di sekolah. Ane ngerasa kehilangan gak diajar lagi sama dosen-dosen yang seperti guru di semester 2 ini


4. Kelas








Kuliah itu berarti kamu sudah memilih jurusan yang ingin kamu pelajari di dalamnya. Kuliah tidak seperti SMA yang hanya memiliki 2 jurusan yaitu IPA dan IPS. Di kampus pasti terdapat berbagai macam jurusan. Biasanya ruangan kelas di kampus itu selalu nomaden (berpindah-pindah) dan jadwal kelas pun tidak selalu tetap setiap harinya. Nah, jam kosong pelajaran dapat kamu luangkan untuk membaca ke perpustakaan, berkumpul dengan teman-teman, dll. 


5. Alat Belajar



Jika di sekolah alat belajar kamu adalah pulpen, pensil, tipe-x, penghapus, penggaris, dan kawan-kawannya, mungkin di kuliah kamu akan menggunakan alat belajar baru, seperti laptop untuk jurusan ilmu komputer, alat-alat gambar untuk jurusan arsitektur, alat-alat mesin untuk jurusan teknik, dll sesuai dengan jurusan yang dipilih . Tapi alat tulis seperti yang ts sebutkan diatas juga masih sering digunakan kok untuk teori sehari-hari di kelas.


6. Gerbang Kampus


Gerbang kampus sifatnya always open selama jam perkuliahan. Ini dikarenakan jadwal perkuliahan yang tidak tetap dan berbeda-beda. Gak kaya sekolah yang jam masuknya serentak. Jadi kamu mau dateng terlambat 2 jam ke kampus juga gak masalah. Gak akan dihukum dan ditegur sama satpam . Tetep bisa masuk kampus, tapi gabisa masuk ke kelas dan nunggu diluar kelas deh. Kecuali kalo dosen kamu memberi izin untuk masuk 


7. Razia Rambut & Kuku


Pliss gan ini tuh perkuliahan. Artinya kamu sudah dianggap dewasa disini. Jadi kamu gaakan dilarang jika memiliki rambut yang gondrong maupun kuku panjang (terkecuali untuk beberapa jurusan tertentu). Sekali lagi, yang terpenting kamu harus tetap rapi dan sopan ketika kuliah. Gaya sewajarnya anak kuliah, bkn kaya mau clubbing ya!


8. Rumah

Hmm jumlah perguruan tinggi di Indonesia tidak sebanyak jumlah sekolah menengah yang di tiap daerahnya pasti ada. Makannya orang berlomba-lomba untuk masuk ke perguruan tinggi favorit dan mereka rela untuk merantau jauh dari rumahnya untuk menuntut ilmu. Dan akhirnya pun mereka berubah wujud menjadi ‘Anak Kost’ 


9. Alat Transportasi


Untuk sampai ke kampus, beberapa orang rela menempuh jarak jauh bahkan lintas kota setiap harinya (termasuk ane) sehingga alat transportasi yang digunakan mungkin berbeda semasa sekolah. Jika disekolah naik motor/angkot, mungkin sekarang kamu bakal naik kereta, busway, atau jalan kaki dan bersepeda bagi yang nge-kost.


10. Tugas


Well, beruntunglah kamu jika semasa sekolah sering mendapat banyak tugas dari gurunya (termasuk ane). Tugas di kuliah itu WOW banget. Iya, WOW banget. Kamu terpaksa merelakan waktu kamu dan mungkin juga waktu tidur kamu untuk memenuhi tugas dari dosen. Makannya dikenal istilah yang namanya 'mahasiswa abadi' . Tapi kamu ga akan terlalu kaget kalo di sekolah sering mendapat tugas yang banyak. Di kuliah lebih banyak!



11. Organisasi

Di kuliah kamu dituntut untuk aktif dalam organisasi, seperti : BEM, Himpunan, atau organisasi hobi dan olahraga yang ada di kampus tersebut. Nanti juga akan banyak acara workshop atau seminar yang akan kamu urus disini. 


Sumber : 
(Jangan lupa kasih cendol yahh)





Share this article :
+
Previous
Next Post »
4 Komentar untuk "Masa Transisi dari Sekolah ke Kuliah"

gan calon kampus ane ngwajibin pake seragam gan , Pount 1 :')

wah terimakasih gan trit ane sudah di share kembali di blog agan :)