Alasan kenapa Ngeluh itu Tidak Perlu


Malam bor, kali ini ane mau share opini-opini ane tentang ruginya kita ngeluh. Sebagai manusia yang normal , kita pasti pernah atau bahkan sering sekali mengeluh. Hal yang kita keluhkan juga sangat bermacam-macam, ada yang suka ngeluh tugas kulia , laporan praktikum , ngeluh jadi JONES , ngeluh gebetannya keburu diambil orang (padahal salah sendiri, pengalaman pahit penulis). ya standar lah hal yang kita keluhkan selalu berhubungan dengan rutinitas kita sehari hari. Lantas apakah mengeluh itu hal yang buruk ? secara pribadi menurut ane mengeluh itu bukan hal yang baik tapi juga bukan hal yang buruk. Mengeluh tidak baik karena kebanyakan tidak akan meringankan masalah. Tapi dilain sisi sifat manusiawi akan selalu mucul, sangat mustahil seseorang tidak pernah mengeluh dalam hidupnya.

Atas dasar hal tersebutlah ane mau share pemikiran subjektif ane kenapa ngeluh itu gak perlu, ini ..

Jangan Pernah Membesar-besarkan Masalah

Awal munculnya rasa "ngeluh" ini biasanya ketika kita dihadapkan sebuah problem dan kita menganggap itu sangat besar. Rasa keluh yang kita rasakan pada dasarnya adalah yang kita buat sendiri. kan lucu. Buang energi bangetkan kita ? mending cari alternatif solusi buat hajar tuh masalah sampe selesai.

Berpikirlah Positif

Ini nih yang perlu kita lakukan saat dihadapkan masalah-masalah yang bikin kepala puyeng , bikin hati galau. SELALU BERFIKIR POSSITIF. memang susahnya minta ampun gan, energi negatif sangat mudah meracuni pikiran kita. disaat kita mulai berfikir positif eh , muncul lagi pikiran-pikiran negatifnya. Lalu bagaimana cara biar kita selalu berfikiran positif? menurut ane sih simpel gan. pikiran-pikiran negatif itu timbul akibat kita jarang mendekatkan diri kepada sang pencipta, ya jadi solusinya perbanyak ibadah dan selalu khusnudzon aja lah. 

Sabar

Sabar ? kan sabar ada batesannya. Siapa bilang? sabar itu relatif gan, kadang ada orang yang disenggol dikit sensitif terus marah terus ngajak kekerasan pake otot (ini nih yang kayak gini biasanya sensitifitasnya tingi , gak bisa diajak ngobrol alus). kadang ada juga yang sabarnya itu minta ampun gan, di toyor kepalanya pun gak marah dan diutangi sama temen gak pernah dibalikin duitnya juga sabar aja wkwkwkw. Maksud ane sabar ya gak bodoh-bodoh amat gan. Kita perlu sabar untuk tipe masalah yang perlu penyelesaian matang-matang. mungkin kita dihadapkan masalah yang membuat kita frustasi, misalnya ditolak PTN, wah ini pengalaman ane dulu. Ya ditolak PTN itu bikin frustasi 3 hari 3 malam atau bahkan lebih. Diposisi ini rasa ngeluh mulai tumbuh subur, negatif thinking mulai menguasai pikiran. mikir kalau tuhan gak adil lah, dsb. Saya tegaskan itu manusiawi gan, tapi yang paling penting adalah kita buang jauh-jauh keluhan itu, kita bangkit dan cari jalan lain untuk mencapai tujuan kita, banyak jalan menuju OLD TRAFFORD (suka-suka ane lah) . 

Jangan Bandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

yup, sifat ini yang paling banyak menimbulkan rasa keluh dalam diri kita. kadang kita merasa menjadi orang paling miskin disekolah/kampus/desa kita karena melihat orang lain yang diberi rezeki berlebih. kadang kita menggap bahwa tuhan memberikan kecerdasan yang kurang tatkala melihat orang lain yang tidak pernah belajar tapi selalu mendapatkan nilai akademis bagus dibandingkan kita. Menjadikan orang lain sebagai pembanding supaya kita bisa lebih maju memang tidak salah, tapi jika sudah kelewat batas, lebih baik jangan. "Aku ya Aku, Kamu ya Kamu. Soal Siapa yang Lebih Hebat Itu Hal Yang Sangat Membosankan".

Berfikir apakah kamu orang paling menderita ?

Nah ini nih yang paling bisa dijadikan alasan mengapa kamu gak harus mengeluh. Diluar sana mungkin tanpa sepengetahuanmu banyak sekali saudara kita yang serba susah. Kamu bisa makan 3 kali sehari dan ada saudara kita yang bahkan makan 1 kali 3 hari aja gak bisa. Kita diberi jasmani yang sehat dan bisa beraktifitas normal , disana masih ada saudara kita yang bahkan untuk menelan nasi aja tidak bisa. Kenapa kita masih mengeluh ? sesekali lihatlah mereka yang berada dibawah kita dan berfikir bahwa kita masih punya harapan, kita masih bisa mencapai tujuan kita. 

Bersyukur

Mungkin ini yang paling harus dilakukan olehmu yang sering ngeluh, bersyukur sangat perlu gan. kadang kita sering lupa. ketika kita bahagia kita bersyukur dan ketika kita sedang banyak masalah kita malah menyalahkan sang pencipta, Apapun hasil yang kalian dapat, bersyukurlah. sangat banyak orang yang ingin berada diposisi kalian yang masih lebih beruntung dibanding mereka.

Nah, mungkin itu saja dari ane , udah ngantuk nih meskipun besok libur, tapi gak mau bangun kesiangan. Semoga itu bisa menjadi sedikit motivasi , terutama untuk adik-adik yang masih berjuang. Pesan TS disini, mengeluh boleh aja tapi jangan sampai kelewat batas, jangan sampai membuat dirimu dikuasai aura negatif (setan emangnya?). pokoknya gitu aja lah, 

SEMANGAT DAN SELALU BERFIKIR POSITIF.

Oyasumansai ,
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Alasan kenapa Ngeluh itu Tidak Perlu"