Microsoft: Aplikasi iOS dan Android Bisa Jalan di Windows 10


Liputan6.com, Jakarta - Sebelumnya telah santer dikabarkan bahwa Windows 10 akan mendukung aplikasi-aplikasi berbasis Android dan iOS. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Windows Business Group Lead Microsoft Indonesia, Lucky Gani, pada acara peluncuran Windows 10 yang digelar secara serentak di 190 negara, pada Selasa (29/7/2015) kemarin.

"Microsoft memungkinkan para developer aplikasi untuk membuat porting aplikasi Android dan iOS mereka di Windows Store," ungkap Lucky.

Apa yang dipaparkan Lucky itu senada dengan penjelasan Microsoft sebelumnya di acara konferensi developer tahunan Build 2015 yang berlangsung awal Mei lalu.

Kala itu, di hadapan para pengembang aplikasi yang hadir, Microsoft Executive Vice President Terry Myerson mengatakan, "Kemampuan itu (menjalankan aplikasi Android dan iOS) sudah tersedia."

Ia melanjutkan, "Kami ingin memberikan jembatan yang tepat bagi para pengembang agar dapat memanfaatkan platform aplikasi yang universal."

Secara teknis, dijelaskan bahwa aplikasi Android dan iOS yang berjalan di Windows 10 tidak akan menggunakan sistem emulator, tetapi dengan cara mem-porting aplikasi melalui subsistem.

Laman Digital Trends melaporkan, aplikasi Android dan iOS berbasis pemrogaman Java dan C++ yang berjalan di Windows 10 akan menggunakan kode yang sudah ada di dalamnya, hanya saja dijalankan melalui wadah keamanan khusus.

Langkah serupa juga pernah dilakukan BlackBerry di sistem operasi BlackBerry 10 mereka. Perangkat berbasis BlackBerry 10 dapat mengunduh aplikasi-aplikasi Android melalui toko aplikasi Amazon Store. 

Namun sayang, tidak semua pengembang "menyempatkan waktu" untuk memodifikasi aplikasi Android mereka dan membaut porting khusus ke Amazon Store. Hasilnya, tetap saja tidak semua aplikasi Android dapat berjalan di handset berbasis BlackBerry 10.

Source :
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Microsoft: Aplikasi iOS dan Android Bisa Jalan di Windows 10"

waah jadi bisa main game game android atau aplikasi android di windows 10 ya...
blower hp