Solusi Fase Nganggur Pasca Lulus Kuliah



Lulus kuliah adalah sesuatu yang sangat melegakan. Lega tidak dikejar deadline laporan, skripsi , tugas , dll. Tapi itu bukanlah hal yang perlu di banggakan berlebihan karena tantangan yang lebih berat sesungguhnya akan datang setelah itu. Mungkin dari pembaca tulisan ini ada yang belum lulus kuliah atau masih kuliah, gak usah khawatir tulisan ini mungkin akan berguna bagi kalian kelak. 

1) lulus kuliah dengan tepat waktu dan bingung apa yang musti dkerjakan selanjut nya.


Tidak sedikit dari mahasiswa yang lulus cepat dengan kemampuan yang memadahi dikarenakan fokus waktu masa studi nya,jadi nya ya tidak masalah jika mencari pekerjaan atau malah sudah dipanggil untuk bekerja oleh perusahaan. nah, cuma masalahanya adalah banyak diantara temen-temen yang lulusnya cepet tapi skill yang dimiliki nya kurang dan takut untuk mendaftar pekerjaan karena kemampuan tidak sesuai dengan bidang studi yang diambil. misalkan mahasiswa jurusan teknik informatika, banyak yang kesulitan mendapatkan pekerjaan karena merasa skill nya kurang apalagi bidang pekerjaan pada jurusan TI itu lumayan sulit.
selain itu, rata-rata palnning setelah lulus belum terencana dengan baik saat masa-masa kuliah, jadinya bingung setelah lulus.
jika memang merencanakan lulus tepat waktu, saya sarankan untuk membuat palnning apakah modal kemampuan dari studi dapat digunakan pada pekerjaan diperusahaan, selain itu usahakan untuk membuat daftar list selesai kuliah mau ngapain, mau kerja atau usaha, jika kerja bisa mendaftar di jobstreet untuk mencari pekerjaan dan segerakan diri untuk mencari pekerjaan dan ingat yang paling penting itu prinsip "kejarlah point sebanyak mungkin maka koin pun akan mengikuti" jadi bekerja bukan untuk uang tapi point tapi usahakan juga tidak selamanya tidak memikirkan uang tapi realistis sajalah.jika memang ingin wirausaha ya lebih baik dipersiapkan sebelum lulus.buatlah daftar jenis pekerjaan yang agan inginkan dan segerakan untuk mencari pekerjaan, jika merasa elum mampu cara nya simple ambil pekerjaan yang ada kaitannya dengan hobi agan, lakukan sekarang dan kerjakan.


2) lulus kuliah telat dan tidak punya skilll yang memadai sesuai bidang studi.


nah ini masalah yang munkin diantara mahasiswa dari angkatan lama (salam senior), ups, maaf ya,
terkadang beberapa mahasiswa mengalami kuliah karena salah jurusan atau pilihan ortu bukan dari hati sendiri jadi sulit enjalani masa study dan akhir nya kurang memiliki skill yang baik, nah solusi nya adalah jika ingin bekerja sama orang, coba lihat diri kita sendiri , setiap manusia pasti memiliki kemampuan khusus ya, walaupun itu belum terlatih aja, tapi bisa menjadi kelebihan untuk pribadi , misal kelebihan dalam komunikasi dan lain sebagainya. dan janganlah minder atau merasa tidak bisa, fakta membuktikan bahwa mahasiswa yang lama lulus nya dengan nilai yang pas pasan lebih memiliki nilai juang dan peluang besar berwirasaha karena apa?karena jika melamar pekerjaan susah jadinya bikin lahan sendiri.  . ambil nilai positif nya dan lihat kemampuan kita yang lain di luar bidang study kita.


3) 1 bulan pertama belum dapet kerja dan mulai resah

perasaan gelisah mulai muncul ketika upaya melamar pekerjaan tak kunjung ada hasil nya, nah ini sering ekali memubat kita jadi lebih malas melakukan sesuatu ini pintu asuk menjadi calon pengangguran. soluasinya bersabarlah coba terus . logikanya seperti ini. ada 1000 lebih pekerjaan di jobstreet dan ada lebih dari 2000 pekerjaan di jobs DB nah masak sih kita satupun gak bisa ketrima ? jadi peluang nya pasti bisa masuk tinggal nungu sabar saja.jika anda ingin menjadi freeline pun bisa seperti freeline di website gak perlu punya keahlihan di bidang IT yang khusus cukup tekun dan optimis terus seperti temen saya ,usia muda belum lulus tapi memiliki penghasilan jutaan dollar per bulannya. silahkan baca artikel atau cari infornya di google adsense,youtube adsense, freelancer.com,99design.com dan masih banyak lagi.



4) 4 bulan pertama males cari kerja

kondisi ini biasanya teen temen cuma kurang motivasi dan minder dengan keberhasilan temen-temen yang lain. logikanya begini temen kita yang berhasil mendapatkan pekerjaan lebih dahulu itu proses ny berbeda dengan kita mungkin perasaaan saat ini sudah lebih dahulu disarakn oleh temen temen yang lain dan mereka tetep sabar dn optimis, kesenjangan sosial mulai terjadi, jadi kita hanya perlu berdoa , sabar dan selalu usaha. menurut dahlan ikhsan mengatakan bahwa lebih baik merasakan gagal diusia muda dari pada gagal di masa tua, cukup buat perubahan yang baik benahi diri dan lakukan sekarang jangan tunggu nanti jangan karena malas anda menyesal ketika temu alumni atau ketemu temen yang lebih sukses.


5) selalu gagal saat tes masuk perusahaan.


pupuk semangat dan buatlah sebuah perubahan dan baca kesalahan yang pernah dibuat, pada tahap ini justru jangan mundur, tapi harus bangkit karena pengalaman ditolak berarti jawaban untuk masuk perusahan dites masuk berikut nya. tetap optimis. siapkan diri lebih baik dan buat diri kita bermental baik. bahwa logika nya setiap manusia layak untuk sukses jika manusia itu masih hidup dan masih ada usaha. kecuali dua hal yaitu gila dan mati.

bagi temen-temen yang kurang memiliki kemampuan dalam bidang pekerjaan silahkan buat inovasi untuk berwirausaha. copot lah baju gengsi dan takut gagal untuk berwirausaha karena jika jalan nya bukan untuk bekerja dengan orang lain maka buatlah orang lain bekerja kepada anda.
sulit? jawabannya TIDAK jika anda punya keyakinan yang kuat. gak ada ide? lihat lah lingkungan anda sekitar carilah ide bisnis karena bisnis itu tidak ada batasannya.jika anda masih merasa bahwa uda lulus tapi masih ngagur dan merasa drop mental dilingkungan keluarga atau lingkungan luar cobalah selalu positif. jika anda sudah bener2 merasa sulit dan tidak mampu solusi dari saya anda cuma kurang jalan-jalan saja, jalan-jalan? iya anda kurang jalan-jalan melihat orang disekitar kita yang jauh menderita , yang jauh susah dari kita, mohon maaf engemis dengan kaki satu tangan satu saja masih bisa bertahan hidup. jadi jalan=jalanlah bandingkan apakah ada orang yang lebih mengenaskan hidupnya dari pada diri kita.

Demikian tulisan mengenai Solusi Fase Nganggur Pasca Lulus Kuliah , semoga bermanfaat dan jangan lupa share yah..

Share this article :
+
Previous
Next Post »
6 Komentar untuk "Solusi Fase Nganggur Pasca Lulus Kuliah"
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus