Gudeg Terenak di Jogja - Agustyar

Selasa, 25 Juni 2019

Gudeg Terenak di Jogja

Sudah hampir 5 tahun saya hidup di kota yogyakarta, banyak makanan yang sudah saya coba meski belum semuanya, termasuk gudeg. Bagi kebanyakan pendatang, gudeg adalah makanan yan terlalu manis untuk dimakan sebagai main course. Menurut saya sendiri gudeg memiliki cita rasa yang tak tergantikan. Gudeg yang enak menurut saya adalah gudeg dengan cita rasa rempah yang kaya (enggak cuma manis). 

Kalau ditanya gudeg terenak di Jogja pasti setiap orang memiliki favoritnya masing-masing. Hal tu karena selera orang boleh saja berbeda. Banyak artikel yang memberi predikat gudeg terenak pada gudeg-gudeg mainstream yang sudah sangat besar dan terkenal. Namun, saya menemukan gudeg dengan cita rasa yang paling enak (versi saya). Saya tidak akan mengurutkan top gudeg terenak karena menurut saya ya semuanya enak. 

Menurut saya, selama 5 tahun hidup di Jogja gudeg terenak yang lidah saya pernah coba yaitu "Gudeg Mercon Bromo". Gudeg ini mungkin tidak terlalu familiar di kalangan wisatawan atau pendatang baru. Tapi menurut saya gudeg bromo patut untuk anda coba. 

Gudeg Bromo buka setiap hari mulai pukul 23.00 sampai pukul 04.00 WIB. 
"Buka nya aja malam sampai subuh, emang ada yang mau beli ?" 
Jawabannya " BANYAK"

Enggak cuma banyak, bahkan pelanggannya dari kalangan atas juga banyak. Terakhir saya berkunjung banyak mobil seperti Pajero bahkan Merci juga ada yang mengantri gudeg bromo ini. 

"Wah, Pasti tempatnya luas dan Bagus makannya kalangan atas mau kesitu "
Lagi-lagi menurut saya bukan karena tempatnya. Gudeg bromo terletak di pinggir jalan Gejayan (di emper toko-toko handphone). Beneran, tempatnya pinggiran tapi antrinya panjang banget. 

Rekor saya mengantri paling lama hingga 1 jam hanya untuk menikmati gudeg ini. Serela itu orang-orang mengantri hanya untuk menikmati gudeg. Dari sini kita bisa anggap kalau rasa gudeg ini memang spesial.


Ini kenampakan Gudegnya, looks good kan ?


View yang lain


Gudeg bromo dilihat dari komponennya sama seperti gudeg pada umumnya, ada gudeg ada krecek ada nasi. Untuk topingnya bisa milih sih bisa ayam suwir, bisa tempe, tahu, telor, kerupuk dll. Yang membedakan gudeg ini dengan gudeg lain adalah cita rasa dari bumbunya. Yup, bisa kita lihat gudeg ini disiram sama bumbu seperti santan yang dipadukan rempah-rempah (saya sama sekali enggak tau persis) dan rasanya menurut saya enak. Rasanya enak dan cukup layak untuk berdiri antri 1 jam. 

penampakan dari antrian yang paling depan

Kalau mau mencoba gudeg bromo saran saya ajakin teman lah. Paling enggak bisa gantian berdiri buat antri kalau misal antriannya panjang gak ketulungan. Mekanisme beli di gudeg bromo ini mengantri lalu langsung diambilkan porsi gudeg sesuai permintaan kita. Setelah itu langsung bayar ke kasirnya. Tempat makannya pun didepan toko handphone yang sudah tutup, kita disediakan alas berupa tikar. Namun ini tidak mengurangi enaknya gudeg bromo. 

Apakah gudeg bromo layak dicoba ? menrut saya sangat layak. Bagi anda yang baru mengenal gudeg-gudeg mainstream sih ini layak banget buat dicoba. Harga Seporsinya saya kurang tau persisis, seingat saya untuk Gudeg + Ayam suwir + Es Jeruk itu sekitar Rp. 27.000 (kalau salah mohon dikoreksi);

Jadi saran saya kalau main ke Jogja, silahkan coba gudeg ini. Siapkan tenaga buat antri. Antri 1 jam, makan gak ada 5 menit. Tapi emang jempol deh ini gudeg rasanya. 




Tidak ada komentar: