Ironis Ternyata Ikan Dori yang selama ini kita makan itu ikan patin

Ironis Ternyata Ikan Dori yang selama ini kita makan itu ikan patin

pagi-pagi lihat thread di kaskus , tiba-tiba nemu thread yang menarik dan masuk hot threads. Yup, sesuai dengan judul artikel ini, kita bahas produk olahan ikan yang dijual direstoran semacam  F*sh en Co dan Sol*ria,..


 Ikan yang rasanya enak itu sangat populer jadi masakan di restoran, ternyata selama ini sebenernya ikan Patin, iya ikan patin, ikan asal indonesia yang gampang ditemui dan murah harganya. Banyak orang kira ikan John Dory dari namanya yang mendekati.

dan ini penampakan ikan john dory:













Ikan Dori itu ikan Patin yang diimport dari Vietnam dengan nama latin "Pangasius hypophthalmus" atau cream dori. Padahal diindonesia pembudidaya ikan Patin sangat banyak kenapa ga pake produk lokal untuk bantu ekonomi dalam negeri....

Ini Penampakan Ikan Dori alias Ikan Patin


Dari Vietnam Ikan Patin ini diganti nama jadi ikan Dori seakan2 naik kelas jadi ikan mahal, semata-mata untuk taktik dan strategi pemasaran. Yang dimana sudah tembus pasar di amerika dan negara2 lainnya.

Penampakan Budidaya ikan Patin di Vietnam




Yang membuat saya merasa sedih yaitu karena pemilik restoran hanya bermain keuntungan menggunakan nama lain dan disisi lain ikan patin mereka juga impor dari vietnam. 


dan :