Hal yang perlu disiapkan untuk menghadapi UTKB-SBMPTN 2021 - Agustyar

Rabu, 07 April 2021

Hal yang perlu disiapkan untuk menghadapi UTKB-SBMPTN 2021



UTKB-SBMPTN 2021 akan segera berlangsung pada 12-18 April 2021 (gelombang 1) dan 26 April- 2 Mei 2021 (gelombang 2). Di waktu yang sempit ini, berbagai persiapan harus kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika test. Tak hanya persiapan teknis, namun juga mental adalah hal yang perlu dipersiapkan dengan baik. Kali ini saya akan membahas beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi UTKB-SBMPTN 2021.

1. Materi dan Soal Latihan
Jelas, ini merupakan hal penting yang harus kamu persiapkan. Pokok dari tes UTBK adalah penguasaan soal dan latihan. Ada berbagai soal latihan yang kamu bisa download secara gratis termasuk di blog ini. Selain itu kamu perlu mengikuti tryout untuk simulasi atau melatih dan membiasakan diri menghadapi soal UTBK. Beberapa wabsite penyedia tryout UTBK secara online bisa kamu lihat disini.

2. Konsisten dan berulang
Lakukan latihan mengerjakan soal secara konsisten dan berulang setiap hari. Kamu bisa melakukan hal tersebut di jam-jam pagi sampai siang supaya otak kamu bisa beradaptasi dengan baik sehingga ketika hari pertempuran di UTBK SBMPTN, otak kamu sudah ter setting otomatis untuk berhadapan dengan soal sesungguhnya di waktu tersebut.

3. Dokumen administrasi
Semua dokumen administrasi yang dibutuhkan untuk melakukan test UTBK harus kamu persiapkan jauh hari. Hal ini terdengar spele namun ini bisa membuat kamu panik di hari ujian jika kamu tidak mempersiapkannya jauh hari sebelum ujian.

4. Berdoa dan minta didoakan
Aspek spiritual ini kadang dipandang remeh untuk dilakukan. Namun tidak ada salahnya untuk kamu coba lakukan. Secara tidak sadar, doa dan dukungan orang bisa membuat kamu lebih bersemangat untuk menghadapi UTBK. Terkadang, ada hal yang tidak bisa dijelaskan seperti keberuntungan yang dihasilkan dari doa yang dikirim oleh orang lain, siapa tau kan.

5. Istirahat cukup
Otak kamu perlu diberi waktu untuk istirahat. Terlalu keras untuk belajar bisa membuat otakmu overheat dan badanmu capek. Istirahat juga merupakan sebuah cara untuk bisa maksimal di hari ujian. Jangan belajar larut malam, seperti yang saya sudah bahas, belajarlah di jam-jam ketika ujian akan berlangsung. Selebihnya gunakan waktu untuk istirahat dan melakukan hal yang lainnya.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu persiapkan sebelum melakukan UTKB-SBMPTN 2021. Sukses untuk ujian kamu, semoga tahun ini bisa berada di kampus impianmu!

Tidak ada komentar: