Tips Mempersiapkan Ujian Skripsi - Agustyar

Selasa, 05 Februari 2019

Tips Mempersiapkan Ujian Skripsi

Setelah saya membagikan tips menyelesaikan skripsi, kali ini akan saya bagi juga tips bagaimana kita mempersiapkan ujian skripsi based on my experience. Sukses tidaknya ujian skripsi adalah ditentukan oleh persiapan sebelum hari H ujian. Selain persiapan materi ujian, PPT dan berkas-berkas, mental serta kesehatan juga sangat penting. Berikut berbagai tips yang dapat kalian lakukan ketika mempersiapkan ujian / sidang skripsi (dalam hal ini, skripsi kalian tentunya sudah acc dan hanya menunggu hari H ujian.) : 

1. Persiapkan Berkas Ujian Skripsi dengan Teliti
Berkas ujian merupakan hal yang mutlak dilengkapi sebelum ujian skripsi di universitas pada umumnya. Berkas ujian setiap perguruan tinggi mungkin berbeda, so kalian harus benar-benar membaca aturan sesuai yang ditetukan oleh akademik ya. Supaya tidak ada yang terlewat, buatlah check list berkas yang harus kalian lengkapi kemudia beri tanda ketika berkas tersebut sudah ready. Berkas dimasukan dan ditata pada stopmap supaya rapih.

2. Persiapkan Materi Ujian Selengkap Mungkin.
Buatlah presentasi (biasanya power point) Sesuai dengan ketentuan jurusan kalian. Sesuaikan hal yang perlu disampaikan namun juga harus dengan waktu presentasi yang ditentukan. Kalau saya sendiri saat ujian waktu untuk presentasi selama 10-15 menit, kemudian sisaya hingga 2 jam adalah sesi diskusi dan tanya jawab. Jadi tidak perlu terlalu panjang, yang penting adalah membuat materi sepadat mungkin. Biasanya ppt cukup sekitar 15 slide, namun setelah slide terakhir "terimakasih", tambahkan materi dan rincian metode yang kemungkinan akan ditanyakan oleh penguji. Jangan terlalu banyak menampilkan tulisan pada slide PPT, hanya tulis poin-poin penting dari skripsi kita. Selain itu jangan lupa untuk membawa referensi acuan seperti jurnal dan buku yang kalian rujuk. Tujuannya supaya ketika sumber sitasi yang kalian gunakan dapat dibuktikan ketika ditanyakan. berikut ini merupakan tambilan PPT ujian skripsi saya :
Apabila ingin melihat isi PPTnya sebagai contoh (bukan menjiplak),
 silahkan email saja saya. 

3. Latihan Presentasi
Kelancaran presentasi didepan dosen pembimbing dan dosen penguji adalah LATIHAN. Memang  kemampuan public speaking yang  dimiliki setiap orang berbeda-beda, tetapi latihan presntasi adalah sangat penting demi kelancaran. Latihan akan membuat kalian menjadi lebih percaya diri. selain itu latihan yang dilakukan berulang-ulang dapat membuat otak kita hafal dengan materi yang akan disampaikan, sehingga ketika kita presentasi menjadi lebih lancar dan mengurangi peluang untuk ngeblank (meski tidak sepenuhnya, faktor nerveous sangat menentukan). Kalau saya satu minggu menjelang ujian skripsi, saya latihan presentasi didepan  kaca sebanyak 5 kali dalam sehari. Biasanya ketika saya selesai sholat maka saya akan menghadap ke cermin dan memulai latihan presentasi. Setiap latihan presentasi selalu saya hitung waktunya dengan stopwatch, sehingga dapat mengira-ngira waktu presentasinya, dan agar dapat disesuaikan. Sedikit tips dari saya, buatlah naskah atau skrip dari PPT skripsinya. Tulislah semua kata yang hendak kita ucapkan pada setiap slide. Kemudian latihan presentasi dengan mengacu pada naskah tersebut secara berulang-ulang. Tujuan dari naskah PPT Ujian adalah supaya materi yang kita sampaikan dapat runtut dan sistematis.

Ini merupakan contoh naskah/skrip dari PPT yang saya buat. 


4. Membuat list Pertanyaan
Buatlah list semua pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan oleh dosen penguji, kemudian dibawahnya berikan juga jawabanya. Buatlah sebanyak mungkin daftar pertanyaan untuk mengantisipasi segala bentuk pertanyaan-pertanyaan sulit saat ujian skripsi. Trik ini saya lakukan ketika hendak ujian skripsi, dan sekitar 60% pertanyaan yang saya buat ternyata ditanyakan saat ujian. Meski begitu kita juga tetap belajar secara menyeluruh karena kemampuan analisis kita akan lebih diuji ketimbang hafalan yang kita pelajari. Selain itu kalian dapat mencari informasi dari teman atau kakak tingkat kalian yang sudah pernah diuji oleh dosen penguji yang bersangkutan. Dengan menggali informasi dari beberapa orang, kalian dapat memprediksi seperti apa pola pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh dosen penguji.

5. Jaga Kesehatan 
Menjelang ujian skripsi, tentu stres pada fikiran kita akan meningkat. Mungkin produksi hormon kortisol yang menyebabkan stres akan meningkat menjelang hari ujian. Itu hal yang sangat wajar sebenarnya. Usahakan untuk istirahat dengan cukup dan menjaga asupan gizi agar kalian dalam kondisi prima hingga hari ujian tiba. Pola tidur harus diperbaiki ! saya tahu selama mengerjakan skripsi mungkin kalian sering begadang hingga pola tidur menjadi berantakan. Namun sekarang beda cerita, kalian harus segera memperbaiki hal tersebut. Biasakan untuk bangun pagi agar otak menjadi lebih segar, dan badan menjadi lebih bugar. Ketika otak sudah mulai mengalami tanda-tanda stres, segera berhenti belajar / latihannya. Kosongkan fikiran dan lakukan hal lain yang menghibur atau membuat otak rilex. Otak kita ada batasnya, jangan memaksakan ke titik batas kemampuan. 

6. Datang ke Ruang Ujian Seawal Mungkin
Ketika hari ujian skripsi telah tiba, datanglah ke ruang ujian sepagi mungkin. Saat kalian datang lebih awal, kalian dapat beradaptasi dengan ruang ujian. Kalian bisa memutari setiap sudut ruang ujian dengan tujuan kalian menjadi lebih hommy atau nyaman dengan suasana ruang ujian tersebut. Kalian akan menjadi terbiasa dengan suhu dan udara ruangan tersebut sehingga enggak bakalan ada cerita kalau kalian enggak bisa nafas saat diuji. Latihanlah sekali lagi diruangan ujian, cukup latihan 1 kali namun mantap dan yakin. Santailah lebih dahulu, jangan gugup atau panik. Atur ritme nafas agar kalian rilex. 

Demikian tips menghadapi ujian skripsi dari saya, berdasarkan pengalaman yang saya alami. Tips yang saya bagikan diatas merupakan hal yang bersifat teknis dan dapat kita rencanakan. Ada pula hal yang bersifat nonteknis namun dapat membantu kita saat menghadapi ujian skripsi. Hal tersebut berhubungan dengan kepercayaan kita masing-masing. Berdo'a lah setiap hari, mungkin sesudah kalian sholat bagi yang beragama Islam. Beribadahlah lebih rajin, kemudian selalu berbuat baik dan jangan pelit untuk bersedekah, Insyaallah kalian akan dipermudah ketika ujian skripsi. Selain itu mintalah do'a restu dari orang tua kalian, saudara kalian dan teman-teman kalian. Hal nonteknis tersebutlah yang akan membantu kalian ketika dalam kesusahan dan keterpojokan, percayalah, Gusti mboten sare.

Tidak ada komentar: