Tips Mengerjakan Tugas Akhir Skripsi agar Cepat Selesai - Agustyar

Senin, 04 Februari 2019

Tips Mengerjakan Tugas Akhir Skripsi agar Cepat Selesai



Skripsi merupakan beban akhir bagi seorang Mahasiswa S1. Banyak sekali polemik dan masalah ketika kita begelut dengan skripsi. Tak heran beberapa mahasiswa lulus terlambat hanya karena bermasalah dengan skripsi. Berikut ini merupakan beberapa tips menulis skripsi dari saya yang mungkin bisa membantu teman-teman apabila sekarang sedang berjuang menulis skripsi, berikut tips nya (versi saya, gak tau kalau orang lain) :

1. Cicil skripsi dari awal semester.
tidak perlu menunggu penelitian kita selesai dan menunggu data. Alangkah lebih baiknya kita mencicil menulis skripsi dari bab 1, 2 dan 3. Bab I biasanya tentang latar belakang, Bab II itu tinjauan pustaka dan Bab III Metode penelitian. Selagi kita melakukan observasi, mencicil skripsi merupakan sebuah keharusan supaya memperingan kita ketika data penelitian sudah kita dapatkan.
Hasil cicilan draf skripsi saya 


2. Cermati panduan penulisan skripsi
Setiap institusi pendidikan atau universitas memiliki ketentuan dalam penulisan skripsi. Sebaiknya kita hafal diluar kepala mengenai ketentuan-ketentuan tersebut, terutama tata cara penulisan. Menurut saya panduan  skripsi itu mutlak kita pelajari dan harus benar-benar kita terapkan dalam penulisan, hal tersebut supaya kita tidak melakukan kesalahan berulang-ulang. Berikut contoh panduan skripsi yang saya download dari web fakultas saya.
Sumber : http://faperta.ugm.ac.id/2014/site/download/files/Panduan%20Skripsi%202015_CETAK.pdf


3. Cari tempat dan kondisi yang efektif
Setiap orang tentu memiliki cara supaya diri mereka berada dalam fokus penuh untuk mengerjakan skripsi. Ada yang bisa mengerjakan di kosan dengan suasan hening, ada pula yang lebih suka mengerjakan skripsi di tempat santai seperti cafe. Bagaimana kita tahu termasuk tipe mana kita ? mudah sekali, coba kalian mengerjakan skripsi dengan berbagai kondisi (wajib lebih dari 1 kondisi), kemudian kalian akan merasakan sendiri kecenderungan seperti apa kondisi efektif kalian dalam menulis skripsi. Kalau saya pribadi lebih suka mengerjakan skripsi di tempat seperti Cafe. Biasanya saya start mengerjakan jam 8 malam, kemudian memesan secangkir kopi, pasang headset (volume setengah) kemudian play  "Lofi hip hop radio - beats to relax/study to". Biasanya saya mengerjakan skripsi sampai subuh, ya kafein disini bener-bener bikin saya melek dan bikin otak bekerja 2 kali lebih keras.
Ngerjain skripsi di cafe deket kosan. gambar ini diambil tengah malam.

4. Jangan menunda revisian
Ketika dosen pembimbing sudah mengkoreksi draf skripsi kita, usahakan sesegera mungkin merevisi. Hal tersebut supaya kita bisa merevisi skripsi dengan maksimal. Jangan menunda merevisi draf skripsi jika tidak memiliki alasan yang benar-benar terpepet. Menurut saya, ketika kita cepat dalam merevisi draf kemudian segera mengembalikan draf tersebut ke dosen pembimbing, maka secara otomatis dosen akan merasa memiliki hutang segera merevisi skripsi kita. apabila kita rajin, Insyaallah dosen pun akan semangat dalam memeriksi draf kita. Note : Jangan terlalu menekan dosen agar mengembalikan draf kita. Dosen pun memiliki kesibukan lain selain membaca draf kita. Selalu pakai cara-cara halus untuk membuat dosen pembimbing kita semangat dalam mengkoreksi draf skripsi kita. Seperti apa cara-cara halus tersebut? Jadi kita hanya perlu sering ke kampus dan usahakan berpapasan dengan dosen pembimbing kita. Kita cukup beri senyum ketika bertemu, tanpa menanyakan kapan draf kita dikembalikan. Lakukan hal tersebut sesering mungkin, kalau bisa setiap hari heheh. Jadikan alasan kita kekampus untuk setor wajah ke dosen hehehe.

5. Temukan Obat malas
Malas atau rasa jenuh dalam mengerjakan skripsi itu merupakan hal yang wajar. Semua orang pasti merasakan titik tersebut. Kembali lagi, hanya diri kita yang tau obat malas kita. Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa malas dan jenuh. kalian hanya perlu meregangkan otot, urat dan syaraf. Lakukan sebuah kegiatan yang menghibur, namun jangan sampai membuat kalian kecanduan. Kalian bisa keluar jalan-jalan entah itu di mall, tempat wisata atau menonton film. Bisa juga hangout bersama teman-teman sejawat atau menemui keluarga. Main game juga oke, tapi harus bisa batasi diri supaya tidak kebablas kecanduan ya. Kalau saya biasanya untuk menghilangkan rasa malas dengan menonton film, entah itu di laptop atau dibioskop. Terkadang juga main game dilaptop dan di hape. mengattur waktu adalah koendji supaya semuanya berjalan sesuai rencana.

6. Lihatlah teman yang progresif, jangan terlalu melihat mereka yang bersantai ria.
Terkadang semangat menulis skripsi muncul ketika kita melihat seorang teman yang progresif. Jadikan mereka sebagai acuan supaya kita terpacu menyaingi mereka. Selalu tanamkan dalam otak bahwa : "setiap hari harus ada progres". Tidak harus progres yang besar, asal rutin dan konsisten setiap hari, itu justru lebih baik. Mungkin ada orang disekeliling kita yang terlihat santai dalam mengerjakan skripsi, tapi jangan kita jadikan acuan terhadap diri kita sediri. ini memang hal yang cukup susah sih, tapi berfikirlah bahwa kalian mau seperti yang mana. Saya sarankan lihat teman yang progresif, cukup itu saja.

7. Ajak teman ngearjain skripsi bareng
Nah ini tips yang menurut saya cukup ampuh. Kalian pasti punya teman yang rajin, manfaatkanlah. maksudnya memanfaatkan disini adalah dengan cara mengajak dia untuk mengerjakan skripsi bersama, biasanya sih ngerjain bareng di cafe. mintalah teman kalian agar selalu mengajak kalian mengerjakan skripsi. Teman bisa membuat kita menjadi lebih semangat karena kita akan selalu saling terpacu. Selain itu teman juga bisa membantu kita manakala kita dihadapkan pada sebuah bab atau persoalan yang tidak kita pahami. Berdiskusi dan pertukar fikiran akan membantu kalian dalam menyelesaikan skripsi. Ibaratnya teman bisa saling menjadi dosen pembimbing kita, kita bisa saling mengkoreksi draf skripsi masing-masing hehehe.

Itulah tips menyelesaikan skripsi versi saya, boleh diterapkan, boleh juga enggak. Kalian enggak harus setuju dengan metode saya, mungkin ada cara lain yang lebih efektif bagi kalian. Tetap semangat dalam menulis skripsi, percayalah semuanya akan selesai apda waktunya ASALKAN KITA MENGERJAKAN DENGAN SUNGUUH SUNGGUH DAN PENUH KESABARAN (maaf capslock jebol). Jangan terlalu banyak mengeluh ini itu, jika memang sudah jenuh lebih baik minggir sejenak dan mencari hiburan. Bagi saya mengeluh hanya akan membuat kita menjadi lebih buruk dan lebih berat. Sulit? memang iya, biasakan diri kita agar memiliki mental pantang menyerah. Tahan diri agar tidak mengeluh. Setelah skripsi selesai, perjuangan masih harus tetap berjalan. Ya, kalian harus segera melakukan Ujian Skripsi. Untuk tips menghadapi ujian skripsi saya bagikan juga, silahkan KLIK DISINI.  Semoga post ini bermanfaat bagi kalian yang sedang atau akan berjuang di dunia perSkripsian.

Tidak ada komentar: