Selamat Hari Blogger Nasional - Agustyar

Rabu, 27 Oktober 2021

Selamat Hari Blogger Nasional

Satu dekade yang lalu, seorang bocah siswa menengah pertama bergelut dengan rasa penasarannya untuk membuat halaman di internet. Tak ada habisnya pertanyaan-pertanyaan berputar di pikirannya. "Kok ada orang bisa bikin halaman di Internet? Gimana cara bikinnya? apakah harus bayar?". Saat itu, informasi mengenai bagaimana halaman di Internet bisa dibuat masih sangat minim. Google memang sudah populer saat itu, tapi belum se-powerful saat ini. Berbekal pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan juga sisa uang jajan yang tidak ia gunakan hari itu, kakinya melangkah ke sebuah tempat dimana "dear god by Avenged Sevenfold" menjadi National Anthem disana. Ya, tempat itu adalah Warnet alias Warung Internet. 

Setelah sekitar 30 menit berselancar mencari informasi, sebuah titik terang mulai ia temukan. Blogspot adalah jawabannya, dimana semua orang bisa membuat halaman pribadinya atau bisa disebut dengan blog secara GRATIS. Mulailah ia mendaftar dan mengisi berbagai data yang disyaratkan oleh Blogspot. Pada berbagai kolom yang harus diisi, alamat blog menjadi kolom yang paling lama ia isi. Bukan sebuah keputusan yang mudah untuk memberi nama url blog. Baginya, itu adalah hal yang sakral. Harus keren pokoknya, biar tidak malu-maluin kalau dipamerkan ke teman-teman sekelasnya. Dipilihlah sebuah nama url blog, dari nama terakhirnya diikuti dengan nomor kesayangannya, 23. 

Bocah 10 tahun yang lalu itu adalah saya dan tyar23.blogspot.com adalah url asli dari blog ini (sebelum didaftarkan url saat ini re: agustyar.com). Tidak menyangka jika tempat ini sudah berumur satu dekade. Melewati berbagai macam pasang surut, mati hidup, serta gonta-ganti template. Isi dari blog ini juga sudah seperti gado-gado, campur aduk alias tidak punya sebuah ciri khas atau topik bahasan utama. Mungkin itu karena saya adalah orang yang tidak suka terkurung dalam sebuah kotak dan hanya membahas satu topik saja. Saya punya banyak interest yang harus saya tuliskan disini. Apapun itu, tempat ini sudah menjadi ruangan paling nyaman bagi saya untuk menulis selama 10 tahun belakangan. 

10 tahun memiliki tempat ini, dan masih ada beberapa orang yang menanyakan apakah blog ini masih menghasilkan uang?. Jawabannya adalah iya, masih. Tapi apakah banyak? tentu tidak. Beberapa tahun belakangan, pengunjung blog ini semakin menurun, mungkin karena beberapa penyebab seperti saya jarang membuat tulisan baru, template dan widget yang kurang SEO Friendly, jarang share ke media sosial atau nge-ping ke berbagai Search Engine setiap bikin post baru. Bisa dibilang saya sudah tidak memiliki hasrat untuk menjadikan blog ini sebagai mesin pencari uang seperti 5 tahun yang lalu. Alih-alih dijadikan mesin uang, kini saya lebih menikmati untuk menulis disini kapanpun saya ingin, dan tentang apapun tergantung bagaimana otak saya berfikir saat itu. 

Sepuluh tahun menjadi blogger, baru hari ini saya tau kalau 27 Oktober adalah hari blogger nasional. Benar-benar seperti orang yang tidak srawung dengan paguyuban blogger Indonesia. Terlepas dari itu semua, platform ini sangat membantu saya dalam melatih otak untuk berkoordinasi dengan jari diatas tombol ketik. Bisa menulis secara spontan, seperti saat ini adalah kemampuan yang saya peroleh dari blog. Dan untuk pertamakalinya sejak saya menyebut diri sebagai seorang blogger 10 tahun yang lalu, akhirnya saya mengucapkan "Selamat hari blogger nasional". 

kagak tau mau naruh foto apa, jadi taruh ini aja deh, gajian pertama dari blog ini hahah. 



Tidak ada komentar: